RSS

Ku Ku Ku

31 Des

Apa ya hubungan hewan kura-kura, kuda dan kupu-kupu? Kalau melihat dari latar belakangnya, sama-sama hewan mamalia nggak! Sama-sama hewan bertulang belakang juga nggak! Sama-sama makan rumput atau serangga juga nggak! Lalu apa ya?

Nah,karena nama hewan itu kebeulan dua huruf depannya sama jadi deh satu permainan. Kita sebut Games Ku Ku Ku alias kura-kura, kuda, kupu-kupu. Kemudian gimana ya cara permainannya? Yuks kita intip!

Langkah pertama: buat lingkaran. Besar kecilnya lingkaran tergantung jumlah orang yang ada. Nah, kamu berada di tengah lapangan. Biar seru dan asyik kamu bisa sambil bernyanyi lagu Lingkaran. Liriknya yang seperti ini :

Lingkaran besar….

Lingkaran besar lingkaran besar

Semakin besar semakin besar

Terus membesar

Setelah lingkaran selesai dibuat, mulai lah ke langkah berikutnya

Langkah kedua: Menjelaskan permainan! Saat kamu bilang kura-kura, maka semua orang harus duduk jongkok. Lalu jika kamu bilang kuda semua orang berdiri seperti semula. Nah, saat kamu bilang kupu-kupu semua orang yang membuat lingkaran boleh meloncat. Nah, sebelum permainan dimulai berikan konsekuensi yang salah gerakannya. Misalnya wajahnya dilumuri arang hitam atau diminta bernyanyi.

Langkah ketiga: mulailah permainan. Cara bermainnya, gunakan intonasi suaramu saat bermain. Ucapkan ku…ku…ku…ku……lalu sebutkan kuda/kupu-kupu atau kura-kura. Karena kamu berada di tengah-tengah lingkaran, kamu bisa menjadi pengecoh. Saat kamu ucapkan kata kuda yang seharusnya berdiri tegap. Kamu bisa menjebak audience dengan meloncat.

Langkah Keempat: kalau semua orang sudah merasa lelah dan sedikit bosan. Kamu bisa memvariasikan permainan ini dengan narasi atau bercerita. Misalnya begini

Adi adalah anak yang baik dan rajin. Setiap pagi dan sore dia menyiram bunga di taman. Dia terkaget karena melihat ku……mbang (intonasinya di perlambat). Juga melihat….kupu-kupu (intonasinya dipercepat). Cerita selanjutnya dapat kamu kreasikan sendiri.

Permainan Ku Ku Ku ini bisa diganti dengan hewan-hewan lainnya. Seperti kumbang, kucing dan kutu. Atau hewan-hewan dengan awalan huruf yang sama. Oh, ya permainan ini bisa dilaksanakan saat akan diskusi atau rapat. Biar tidak ngantuk dan BT. Selain itu jika pesertanya tidak terlalu banyak atau tempatnya tidak memungkinkan, buat barisan saja.

Selain itu permainan ini tidak saja dapat dilakukan dengan berdiri. Sambil duduk juga bisa. Namun gerakannya bisa diganti, misal untuk kata kura-kura pegang hidung, untuk kata kuda pegang telinga dan untuk kata kupu-kupu pegang kepala.

Tujuan dari permaianan ini adalah untuk melatih konsentrasi. Kecepatan mendengar perintah dan tentu saja untuk mencairkan suasana. Apalagi jika suasananya menjenuhkan dan bikin ngantuk!

Ok! Selamat mencoba! Semoga sukses!

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 31 Desember 2010 in Permainan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: